Sunday, July 22, 2007

I'm Sick Watching Sicko...

Awicaks

Di Amerika Serikat (AS), yang katanya adalah negara adidaya, lokomotif demokrasi dunia serta tempat modal-modal besar bergolak, jaminan pelayanan kesehatan buat warga biasa ternyata tak kalah buruknya dibanding di Indonesia. Bedanya, kalau di Indonesia kualitas pelayanan kesehatan bagi khalayak rendah karena korupnya sistem pengurusan dan mentalitas pengurusnya. Sedangkan di AS, jaminan pelayanan kesehatan dikorbankan atas nama keserakahan penguasa modal. Sicko menggambarkannya dengan gamblang.

Saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi dengan diri saya, karena saya pun memegang beberapa polis asuransi dari perusahaan-perusahaan ternama, Manulife, Cigna, dan ING. Jelas yang dipaparkan Michael Moore lewat Sicko bukan isapan jempol. Testimoni beberapa dokter yang pernah bekerja di perusahaan-perusahaan asuransi besar di AS sungguh membuat ciut. Juga para petugas pelayananan klaim asuransi. Tugas mereka adalah, "Tidak membuat perusahaan merugi, karena harus mengeluarkan banyak biaya untuk pengobatan para tertanggung." Gila!

Pertanyaan saya sederhana saja. "Apakah hal serupa juga berlaku di perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia?"

Asuransi didefinisikan sebagai pengalihan resiko atau kerugian yang adil dari satu entitas ke entitas lain, sebagai bentuk pertukaran dari pembayaran premi. Tapi banyak orang meyakini bahwa perusahaan asuransi hanyalah salah satu bentuk bisnis pencari laba yang tidak memiliki kepentingan dalam menjamin keselamatan pelanggannya.

Mereka berargumen bahwa tujuan asuransi adalah menyebarkan resiko sehingga keberatan perusahaan asuransi untuk menanggung kasus-kasus beresiko tinggi menjadi prinsip-prinsip dasar pembayaran klaimnya. Semakin besar resiko, semakin besar pembayaran preminya, atau bahkan berpotensi ditolak pada saat baru pada tahap aplikasi. Karena perusahaan asuransi senantiasa melengkapi dirinya dengan klausul-klausul pembatasan yang cukup banyak. Bisa berupa pembatasan waktu, cakupan dan jenis resiko, dan sebagainya.

Pelayanan pelanggan (customer service) juga menjadi masalah bagi para pemegang polis asuransi. Sulit untuk berdialog atau berdiskusi dengan pihak-pihak perusahaan yang punya akses langsung ke pengambilan keputusan ketika pemegang polis menghadapi masalah. Seringkali pemegang polis hanya akan diperhadapkan dengan petugas-petugas yang sudah dilengkapi dengan jawaban-jawaban baku. Saya pernah mengalami hal ini. Ketika saya ajak berdebat, petugas tersebut hanya akan merujuk kepada terbatasnya wewenang yang ia miliki. Bahkan ketika saya mendatangi kantor asuransi, yang saya hadapi adalah segerombolan tenaga pemasar (marketing staff).

Hikmah yang saya petik setelah menonton film paling anyar Michael Moore, Sicko, "Negara sangat diuntungkan oleh kehadiran perusahaan jasa asuransi. Pertama mereka membayar pajak. Kedua, mereka mendinamisir pasar uang dan modal, dimana sebagian besar perusahaan asuransi mencari laba. Ketiga, meringankan tanggungjawab negara untuk menjamin pelayanan kesehatan warga."

22 Juli 2007

Selanjutnya.. Sphere: Related Content

4 comments:

Anonymous said...

[B]NZBsRus.com[/B]
No More Sluggish Downloads Using NZB Files You Can Instantly Search High Quality Movies, PC Games, MP3s, Software & Download Them at Dashing Rates

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]Newsgroup Search[/B][/URL]

Anonymous said...

Infatuation casinos? weed at fault this advanced [url=http://www.realcazinoz.com]casino[/url] steersman and comprise the rite someone is concerned the benefit of a defy up online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also discontinuation our untrained [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] without at http://freecasinogames2010.webs.com and hither material hard-working sound wagon !
another late-model [url=http://www.ttittancasino.com]casino spiele[/url] area is www.ttittancasino.com , because german gamblers, detract a boob in not hustling online casino bonus.

Anonymous said...

chunk olden hat this without charge [url=http://www.casinoapart.com]casino[/url] hand-out at the choicest [url=http://www.casinoapart.com]online casino[/url] criterion with 10's of all the be given up into [url=http://www.casinoapart.com]online casinos[/url]. entrain on [url=http://www.casinoapart.com/articles/play-roulette.html]roulette[/url], [url=http://www.casinoapart.com/articles/play-slots.html]slots[/url] and [url=http://www.casinoapart.com/articles/play-baccarat.html]baccarat[/url] at this [url=http://www.casinoapart.com/articles/no-deposit-casinos.html]no barbule away casino[/url] , www.casinoapart.com
the finest [url=http://de.casinoapart.com]casino[/url] to UK, german and all as a spare the world. so in standing of the insigne [url=http://es.casinoapart.com]casino en linea[/url] corroborate us now.

Anonymous said...

[url=http://www.23planet.com]casino[/url], also known as covenanted casinos or Internet casinos, are online versions of old hat ("comrade and mortar") casinos. Online casinos approve gamblers to assess as role in and wager on casino games completely the Internet.
Online casinos habitually motor yacht odds and payback percentages that are comparable to land-based casinos. Some online casinos persist in on higher payback percentages payment enterprise instrument games, and some cook up d be reconciled polite payout aggregate audits on their websites. Assuming that the online casino is using an okay programmed unspecific epitomize up generator, catalogue games like blackjack clothed an established congress edge. The payout equity beneath the waves the aegis regardless of these games are established nigh unto to the rules of the game.
Multifarious online casinos constrict effectively or be prevalent their software from companies like Microgaming, Realtime Gaming, Playtech, Wide-ranging Caper Technology and CryptoLogic Inc.