Tuesday, February 23, 2010

Klimaks, antiklimaks, paraklimaks

Awicaks

Antiklimaks? Hahahaha! Sama sekali bukan. Publik sudah tahu bahwa para pengecut di Pansus Century tidak akan mengambil sikap lurus. Itu sudah terlihat sejak pertama kali panitia khusus ini dibentuk. Jadi, yaa jangan kecewa. Tidak perlu kita menaruh harapan kepada orang-orang yang makan gaji (dan fasilitas negara) untuk kerja-kerja yang tidak ada urusannya dengan masalah keselamatan warga. Mereka bekerja untuk keselamatan diri mereka sendiri dan partai yang mereka wakili. Mungkin bukan antiklimaks. Bolehjadi lebih tepat disebut paraklimaks. Pura-pura klimaks seperti yang dipertontonkan para pemeran di film-film biru.

Publik, terutama rakyat yang telah memilih mereka, seharusnya sudah memikirkan bersama-sama cara terbaik bagaimana menghukum mereka, pemakan uang negara (lewat gaji besar serta fasilitas serba mewah). Salah satu cara yang mudah adalah bagaimana membuat orang-orang di dewan yang terhormat tidak lagi relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Agaknya tidak perlu kita memikirkan suatu pembangkangan massal (mass disobedience), tetapi tindakan kolektif yang lebih fokus kepada pemenuhan syarat-syarat minimum keselamatan diri kita, tanpa menciptakan, apalagi memperbesar defisit produsi – konsumsi sehari-hari. Pada gilirannya akan terlihat apakah tindakan para anggota dewan yang terhormat akan mendukung prakarsa swadaya warga menjamin keselamatan diri sendiri, atau justru akan menciptakan sesuatu yang heboh yang justru mengancam kemampuan diri warga menjamin keselamatan diri? Misal, lewat penaikan harga sembilan bahan pokok (atas nama mendongkrak GDP), dan sebagainya…

Kekhususan yang diharapkan dari Pansus Centurygate cuma sebatas peliputan penuh dan langsung (live) oleh beberapa stasiun televisi swasta. Cuma itu. Tidak ada kekhususan atau keistimewaan yang bisa dipamerkan para anggota pansus yang terhormat selain semakin jernih dan jelas bagi kita, warga biasa, bahwa daya pikir, kreatifitas dan imajinasi serta tingkat kecerdasarn mereka memang sangat terbatas dan semata-mata untuk melayani diri mereka sendiri, baik sebagai perseorangan maupun sebagai bagian dari partai politik yang mengusung (dan diusung) mereka.

Centurygate akan berada di antrian paling belakang dari rangkaian panjang skandal politik yang tidak (akan pernah) terpecahkan di negeri amburadul ini. Sulit berharap suatu klimaks yang membuat publik mencapai ledakan kepuasan (orgasme) kolektif, karena kolektifitas yang terbangun pada arena politik kekuasaan di Indonesia lebih terbatas dan bertugas menjaga soliditas kelompok serta menjaga citra positif diri orang dan partai. Jangankan klimaks, antiklimaks pun sulit kita harapkan, karena segala sesuatunya dibuat secair mungkin dan menjadi subyek yang bisa dinegosiasikan.

Selanjutnya.. Sphere: Related Content

2 comments:

Anonymous said...

To be a upright lenient being is to be enduring a philanthropic of openness to the mankind, an gift to guardianship undeterminable things beyond your own restrain, that can govern you to be shattered in uncommonly exceptionally circumstances pro which you were not to blame. That says something exceedingly impressive with the fettle of the principled life: that it is based on a trust in the fitful and on a willingness to be exposed; it's based on being more like a shop than like a prize, something somewhat tenuous, but whose very precise attraction is inseparable from that fragility.

Anonymous said...

http://www.markbattypublisher.com/jsp/buytramadol/#0249 buy tramadol online from mexico - buy cheap tramadol online uk