Sunday, October 07, 2007

Antara Arang dan Peta - Huru-hara Dagang Arang

Awicaks

Di masa silam peta adalah alat ampuh meluasnya praktik pencaplokan (aneksasi) dan penjajahan (kolonisasi) wilayah satu bangsa oleh bangsa lain, atas nama pemakmuran dan pemajuan peradaban bangsa penguasa informasi geografik tersebut. Peta mewakili informasi dan pengetahuan tentang wilayah. Pekerjaan luarbiasa hebat pun ditempuh untuk menghasilkan peta yang mengandung pengetahuan sesuai kebutuhan ekonomi-politik saat itu.

Seorang kawan saya bahkan melanjutkan pendidikan tingginya hingga tingkat doktoral di Hawaii demi memahami dan mendalami bagaimana peta digunakan sebagai alat kuasa. Beberapa bahan bacaan pun mengamini betapa besar kuasa alat bernama peta dalam pengambilan keputusan. Seorang Ferdinand Magellan, James Cook, Vasco da Gamma, dan lainnya, adalah para petualang Eropa yang membelah samudera untuk kepentingan keputusan-keputusan ekonomi-politik tersebut.

Terlepas dari tujuan penggunaannya, kita bisa pelajari bahwa ada proses ilmiah yang serius di balik perkembangan dan pemajuan perpetaan. Teknik navigasi terus pesat berkembang. Teknik menggambar peta (kartografi) pun demikian. Ketika peradaban Eropa menemukan mesin yang dapat membawa manusia terbang dan memiliki jangkauan pandangan lebih luas, pemajuan peta berada di urutan utama. Apalagi di era penerbangan antariksa, penggunaan satelit pun menjadi keharusan.










Di masa sekarang, saya melihat arang (karbon) menjadi alat kuasa baru. Seperti halnya peta, karbon memiliki makna yang seimbang. Ia bisa berkonotasi positif sekaligus negatif. Secara alami arang merupakan bagian dari kehidupan di planet Bumi. Ketika kita bernafas menghirup, hidrat-arang (karbondioksida) adalah buangannya. Pepohonan dan hewan pun sama. Proses pelepasan dan pemanfaatan zat arang di atas disebut siklus karbon. Alam, di belahan planet bumi manapun, senantiasa melibatkan siklus karbon. Namun kisah alami itu berantakan ketika Revolusi Industri terjadi pada akhir abad ke-18 di Eropa.

Seperti halnya mahluk hidup, mesin-mesin uap, mesin-mesin berbahan bakar fossil (minyak, gas, batubara) juga membuang zat arang dari proses produksinya. Berbeda dengan mahluk hidup, zat atau senyawa buangan proses produksi mesin-mesin tersebut bersifat racun bagi mahluk hidup. Zat arang atau senyawa yang mengandung arang yang dilepas ke udara dari mesin-mesin produksi berbahan bakar fossil yang kemudian terkumpul dan mampat di atmosfer bumi menjadi mesin pembunuh paling ampuh kehidupan seantero planet.

Ia membunuh secara langsung lewat proses peracunan, atau membunuh perlahan dan terakumulasi sepanjang waktu untuk membunuh generasi mahluk hidup di masa depan. Zat karbon atau senyawa karbon bersama gas lain itu disebut gas-gas rumah kaca, karena kemampuannya mempertahankan panas (dan memanaskan) dalam selubung atmosfer bumi, seperti halnya rumah kaca untuk keperluan perbenihan.

Itulah inti dari pesan tentang krisis iklim yang saat ini ramai dibicarakan. Sehingga sangat keliru jika kita melihat krisis iklim sebagai fenomena alam. Ia murni karya manusia. Manusia yang tak pernah merasa cukup untuk terus menggenjot kemakmurannya.

Maka bangsa-bangsa di planet bumi pun berkumpul dan menyatakan keprihatinan bersama, untuk kemudian bersepakat untuk bersama-sama memecahkan krisis tersebut pada tahun lewat Kerangka Kerja PBB untuk Perubahan Iklim. Negara-negara industri maju yang membuang zat arang dan senyawa arang (serta gas lainnya) disepakati untuk menurunkan jumlah dan konsetrasi buangannya. Kesepakatan itu menjadi kewajiban bagi negara-negara yang menandatangani apa yang disebut dengan Protokol Kyoto. Itu berarti, mereka harus memperlambat laju pertumbuhan ekonominya. Negara-negara miskin, yang sesungguhnya berlimpah kekayaan bahan-bahan mentah yang dikeruk negara-negara industri maju, terbebas dari kewajiban tersebut.

Sejak itulah arang menjadi alat kuasa baru. Terutama ketika politik dalam negeri di negara-negara industri maju penandatangan Protokol Kyoto mulai terlibat. Keengganan untuk menghambat laju pertumbuhan ekonomi menjadi arena pemenangan kekuasaan di beberapa negara industri maju. Maka lahirlah siasat-siasat yang seakan-akan didukung kajian-kajian ilmiah, yang tujuannya tak lain untuk mengurangi atau bahkan menghindari pemenuhan kewajiban yang telah disepakati. Maka lahirlah praktik perdagangan buangan gas-gas rumah kaca (terutama arang).

Beberapa negara industri maju aktif melobi dan mempengaruhi kerja-kerja PBB dalam proses perumusan strategi pelaksanaan penurunan buangan gas-gas rumah kaca. Hasilnya tak lain berupa perangkat-perangkat moneter dan ekonomik yang dianggap mampu mewakili kewajiban menurunkan buangan karbon.

Yang paling mencolok adalah Amerika Serikat, ketika George W. Bush terpilih sebagai presiden di tahun 2000, kebijakan luar negeri pertama yang ia ambil adalah menolak menandatangani Protokol Kyoto. Amerika Serikat adalah negara penyumbang zat karbon dan senyawa karbon di urutan pertama. Tak ada niatan politik rezim George W. Bush untuk menurunkan buangan karbonnya. Bahkan tak lama ia naik ke singgasana rezimnya langsung mengeluarkan Strategi Energi Amerika Serikat, yang tanpa tedeng aling-aling memaparkan bagaimana negara adidaya tersebut akan memenuhi kebutuhan energinya.

Sejak akhir tahun 2000 muncul dinamika ekonomi-politik baru, yang menyeret negara-negara tropika miskin pemilik bahan-bahan mentah industrial untuk masuk menjadi pihak yang juga mengemban kewajiban kerangka kerja perubahan iklim. Karena negara-negara torpika miskin tersebut tidak memiliki industri secanggih negara-negara industri kaya, maka didapuklah aspek lain, berupa pembukaan hutan alam sebagai penyumbang buangan arang yang dianggap setara dengan arang buangan bahan bakar fossil. Padahal pembukaan hutan-hutan alam tak bisa lepas dari upaya pemenuhan kebutuhan bahan-bahan mentah negara-negara industri kaya tersebut.

Lewat teknik berhitung yang khusus dikembangkan para ilmuwan negara-negara industri kaya lahirlah penyetaraan nilai arang fossil dengan arang hutan. Pembongkaran hutan (deforestasi) menjadi kata kunci paling ampuh akhir-akhir ini, yang telah menempatkan Indonesia di urutan ketiga negara penyumbang karbon terbesar di dunia. Dengan menggunakan angka-angka kandungan arang praktik bisnis tukar-menukar kewajiban menurunkan buangan karbon pun marak. Inilah inti perdagangan arang.

Duduk perkara yang dibuat rumit itu adalah pangkal malapetaka baru ke depan di negara-negara tropika miskin. Karena praktik bisnis tukar-menukar kewajiban menurunkan buangan karbon sama sekali tidak mengubah paradigma pembangunan yang sudah jelas-jelas menimbulkan krisis kehidupan di negara-negara tropika miskin sepanjang lebih dari lima dekade. Praktik investasi yang rakus lahan, menggerus daya dukung lingkungan, serta menyingkirkan komunitas-komunitas asli dan tempatan akan terus terjadi.

Ketidakpahaman seorang pemimpin wilayah akan menciptakan bencana baru bagi warganya. Seorang bupati dari Bengkulu, seperti dituturkan seorang kawan yang penjabat di sebuah kantor Negara, bertanya, "Kalau kami sudah menjaga hutan, lalu membuat hutan menghasilkan karbon (arang), bagaimana nanti kami akan mengangkutnya untuk diperdagangkan?"

7 September 2007


Selanjutnya.. Sphere: Related Content

21 comments:

Anonymous said...

[url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Cheats[/url] provides you with a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-money-maker/]Club Penguin Money Maker[/url] that allows you to make a lot of coins in Club Penguin.
[url=http://cpcheat.org/]Club Penguin[/url] also provides you with [url=http://cpcheat.org/club-penguin-trackers/]Club Penguin Trackers[/url] such as a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-aunt-arctic-tracker/]Club Penguin Aunt Arctic Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-cadence-tracker/]Club Penguin Cadence Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-gary-tracker/]Club Penguin Gary Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-band-tracker/]Club Penguin Band Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-rockhopper-tracker/]Club Penguin Rockhopper Tracker[/url], and a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-sensei-tracker/]Club Penguin Sensei Tracker[/url].
Last,[url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Codes[/url] provides you with [url=http://cpcheat.org/club-penguin-bots/]Club Penguin Bots[/url] and [url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Mission Cheats[/url] and [url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Coin Cheats[/url]

Anonymous said...

Hi my first comment whoopee...[url=http://www.jewcy.com/user/20849/james101].[/url]

Anonymous said...

[URL=http://www.wallpaperhungama.in/details.php?image_id=13415][IMG]http://www.wallpaperhungama.in/data/thumbnails/117/Minissha Lamba-91.jpg[/IMG][/URL]

[URL=http://www.wallpaperhungama.in/details.php?image_id=13240][IMG]http://www.wallpaperhungama.in/data/thumbnails/117/Minissha Lamba-90.jpg[/IMG][/URL]

[URL=http://www.wallpaperhungama.in/details.php?image_id=13236][IMG]http://www.wallpaperhungama.in/data/thumbnails/117/Minissha Lamba-87.jpg[/IMG][/URL]

[URL=http://www.wallpaperhungama.in/details.php?image_id=13234][IMG]http://www.wallpaperhungama.in/data/thumbnails/117/Minissha Lamba-85.jpg[/IMG][/URL]


[url=http://www.wallpaperhungama.in/cat-Minissha-Lamba-117.htm][b]Minissha Lamba Sexy Wallpapers[/b][/url]

Photo gallery at WallpaperHungama.in is dedicated to Minissha Lamba Pictures. Click on the thumbnails into enlarged Minissha Lamba pictures, personal photographs and debarring photos. Also after out other Pictures Gallery through despite High grade and High Resolution twin scans, silver screen captures, talkie promos, wallpapers, hollywood & bollywood pictures, photos of actresses and celebrities

Anonymous said...

Hello, as you may already discovered I'm new here.
In first steps it is very good if someone supports you, so hope to meet friendly and helpful people here. Let me know if I can help you.
Thanks and good luck everyone! ;)

Anonymous said...

Hello,
I have developed a new clean web 2.0 wordpress theme.

Has 2 colours silver and blue, has custom header(colour or image).
I am curently working on it, so if you have suggestions let me know.

You can view live demo and download from here www.getbelle.com
If you found bug reports or you have suggestions pm me.
Wish you a happing using.

many thanks to [url=http://www.usainstantpayday.com/]USAInstantPayDay.com[/url] for helping with hosting and developement of the theme
Exteseeinnots

Anonymous said...

Very entertaining website.

Affordable optimization service including submissions and on site optimizing (sokmotoroptimering).
[url=http://www.smotop.se/smotopbloggen/]SMOTop[/url]
http://www.smotop.se

Anonymous said...

tramadol and oxycotin in mexican pharmaciestramadol online pharmacy apo address

[url=http://www.bebo.com/buylevitraonline1]buy dreampharmaceuticals levitra online[/url]

Anonymous said...

im thinking of buying one, has anyone ever bought one of these:

http://www.dalealplay.com/informaciondecontenido.php?con=218558

Anonymous said...

sienna miller fan, [url=http://community.bonniehunt.com/forum/topics/jim-wahlberg-and-mark-wahlberg]sienna miller metcafe[/url] sienna miller factory
gehjfrgghh

Anonymous said...

if you guys exigency to plug [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra pharmacopoeia repayment championing the yard goods generic drugs.
you can contusion into uncover drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the extraordinary [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] informant on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonymous said...

Infatuation casinos? authenticate this inexperienced [url=http://www.realcazinoz.com]online casino[/url] guide and play online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also delay our lately [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] hint at http://freecasinogames2010.webs.com and win principal fortune !
another chic [url=http://www.ttittancasino.com]casino spiele[/url] in the region of is www.ttittancasino.com , because german gamblers, submit c be communicated by philanthropic online casino bonus.

Anonymous said...

Buenas noches

It is my first time here. I just wanted to say hi!

Anonymous said...

Predilection casinos? probe this environmental [url=http://www.realcazinoz.com]casino[/url] games. advisor and tergiversate online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also into our stylish [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] orientate at http://freecasinogames2010.webs.com and replace in true spondulix !
another supplementary [url=http://www.ttittancasino.com]casino[/url] spiele purlieus is www.ttittancasino.com , as opposed to of german gamblers, watch unrestrained online casino bonus.

Anonymous said...

wow guys! check the latest untrammelled [url=http://www.casinolasvegass.com]casino[/url] games like roulette and slots !check out the all stylish vacant [url=http://www.casinolasvegass.com]online casino[/url] games at the all redone www.casinolasvegass.com, the most trusted [url=http://www.casinolasvegass.com]online casinos[/url] on the entanglement! high-class our [url=http://www.casinolasvegass.com/download.html]free casino software download[/url] and cause of snug harbor a comfortable the bacon money.
you can also discontinuation other [url=http://sites.google.com/site/onlinecasinogames2010/]online casinos bonus[/url] . check out this new [url=http://www.place-a-bet.net/]online casino[/url].

Anonymous said...

[url=http://www.thecasino.co.il/blackjack]free casino[/url] , [url=http://www.casinoonlinebrazil.com/jogos-de-cassino]casino online[/url] , [url=http://www.onlinecasinorussian.com/casino-reviews]casino online[/url]. [url=http://www.ttittancasino.com/]internet casino[/url].

Anonymous said...

Indulgence Lingerie [url=http://www.claudiafallah.co.uk/member/362826/]a great deal more[/url]

Anonymous said...

top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]casino online[/url] brake the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]online casino[/url] free no store reward at the leading [url=http://www.baywatchcasino.com/]online casino
[/url].

Anonymous said...

Viewing the identification regarding UGG boots, between your well-known and even not-so-famous makers, unveiled ones own [url=http://uggbottesoldes.monwebeden.fr/]bottes ugg soldes[/url] range of sheepskin Uggs. Irrespective of whether or otherwise not Keep paw or simply Emu, a lot of these instances every single between the vendors have their choice with this particular vast array. They're not significantly very expensive and in fact critically at ease regarding base. Using pointed out this primarily is based on the company. Typically the Ugg boot Suburb Crochet boot could possibly it's possible properly be believed to be thought of a completely different particular Ugg sheepskin boots trunk. Its even more as a knit trunk however it is on the other hand certainly nice too as being a marvelous wintertime boots.

Anonymous said...

We [url=http://www.onlineslots.gd]roulette online[/url] be subjected to a rotund library of totally unsolicited casino games for you to challenge sensibly here in your browser. Whether you want to unaccustomed a table game master plan or just sample out a insufficient late slots first playing seeking unfeigned in clover, we have you covered. These are the exact uniform games that you can play at true online casinos and you can part of them all quest of free.

Anonymous said...

Kids have got a should truly feel important and cherished, and you may cause them to really feel essential by permitting them to play a more substantial position inside your "grownup" daily life. Get them assist you with purchasing, preparing food, washing, and many others. You may even allow them to have just a little calculator and permit them to make-believe that they're assisting you spend the money for bills. [url=http://www.x21w12w21.info]Heukuk8ily[/url]

Anonymous said...


Девчонки, вы не знаете как можно закрыть дневник, чтобы его не смогли прочитать.. Не он-лайн, а бумажный. На замок или как-то приспособлением.. или есть специальная книжка??? Спасибо заранее!!! А то мы живем с молодым человеком, и я не хочу, чтобы он прочитал то, что ему нельзя. Я его люблю, но личное- есть личное. Если кто-то знает как помочь- прошу откликнитесь!
[url=http://mp3lists.ru/][color=#E4F4FE] [/color][/url]